PERCEPAT PELAYANAN, DINKES ASAHAN SEGERA RILIS 2 PROGRAM UNGGULAN

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Asahan di tahun anggaran 2017 berencana lakukan inovasi di bidang pelayanan, di antaranya 2 produk unggulan yakni, e-Rambate dan 119 call center untuk pelayanan kesehatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

Kepada awak media, Kadis Kesehatan Asahan, Aris melalui Kasie Pelayanan Kesehatan Bidang Rujukan, Irianti mengatakan, agar setiap Kasie harus punya gagasan untuk mengembangkan pelayanan publik. Dan ini sudah masuk protap yang merupakan instruksi Kadis Kesehatan.

Kembali Irianti menjelaskan, SPGDT segera diluncurkan di Dinkes Asahan yang juga dilengkapi dengan Public Safety Center (PSC) 119 dan beranggotakan unsur instansi terkait.

“Adapun payung hukum dari terbentuknya SPGDT ini sesuai Instruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 4 Tahun 2013, Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 19 Tahun 2016 tentang SPGDT dan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor 462 Tahun 2002 tentang Masyarakat Sehat dan Aman, serta peraturan lainnya,” ungkap Irianti, Senin (5/6/2017).

Terbentuknya program SPGDT ini secara umum untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawat daruratan, serta mempercepat waktu penanganan (respon time) terhadap korban atau pasien yang membutuhkan penanganan gawat darurat.

“Dimana kita dapat menekan angka kematian maupun kecacatan, walaupun program yang masih tahap sosialisasi kepada masyarkat mau pun ke instansi terkait. Kita berkomitmen program SPGDT segera dapat dilaunching pada tahun ini juga,” ungkap Irianti.

Editor : Administrator
Administrator

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit fusce eget turpis pulvinar interdum tellus blandit imperdiet velit.

Related Posts